Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Wednesday, October 12, 2016

Resep Sambal Roa Pedas dan Enak

Resep Sambal Roa - Bagi yang ngakunya suka makan sambal, rasanya harus tahu dengan sambal yang satu ini. Namanya sambal roa. Sambal yang khas dari pulau sulawesi ini rasanya terkenal sangat enak dan juga sangat pedas. Perbedaan dengan sambal yang lainnya adalah digunakannya ikan roa / rowa yang merupakan ikan asli dari pulau sulawesi.

Baca Juga : Resep Sambal Tumpang Khas Solo

Sambal roa ini sangat terkenal dan banyak tersedia di kota-kota yang ada di sulawesi. Seperti makassar, manado, gorontalo dan juga kota yang lainnya. Bagi masyarakat disana, makan makanan apalagi pakai nasi tidak lengkap kalau tidak ada sambal roa ini. enak dan dipastikan membuat lidah jadi bergoyang.

Resep Sambal Roa
Ilustrasi Sambal Roa
Ikan roa yang dipakai untuk membuat sambal ini, adalah ikan roa yang sudah dipanggang terlebih dahulu. Kenapa tidak pakai roa / rowa yang digoreng ataupun dikukus? ini karena dengan cara dipanggang aroma yang keluar dari ikan yang biasanya berukuran kecil ini menjadi lebih sedap dan juga harum.

Baca Juga : Resep Sambal Terasi Pedas dan Enak

Ikan roa cuma ada di pulau sulawesi saja, dan hal tersebut lah yang menjadi salah satu hambatan sambal ini mungkin tidak bisa dibuat di daerah lainnya. Tapi meski demikian, bisa saja sih ikan roa di beberapa tempat sudah ada yang jual. Dan mungkin di tempat kalian adalah salah satu diantaranya. Maka dari itu berikut resep dan cara membuat sambal ikan roa pedas dan enak khas manado dan pulau lainnya di sulawesi.

Resep Sambal Roa

Bahan-bahan:
  • 100 gram ikan roa panggang, ambil dagingnya dan buang kulit serta tulangnya
  • 1 buah tomat segar, iris-iris dadu
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah ukuran sedang
  • 4 buah cabai rawit merah
Cara membuat sambal roa khas manado pedas :
  1. Pertama sangrai ( goreng tanpa minyak ) daging ikan roa sebentar saja sampai harum. Jika sudah sisihkan dahulu.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu masukkan bumbu halus dan tumis sampai harum & matang.
  3. Masukkan ikan roa yang sudah kita sangrai sebelumnya. Tambahkan garam dapur dan gula pasir serta irisan tomat. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
  4. Masak sampai matang dan angkat.
  5. Sambal roa pedas dan nikmat pun siap untuk disantap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sambal Roa Pedas dan Enak