Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Monday, November 14, 2016

Resep Bubur Sumsum Hijau Pandan Enak

Resep Bubur Sumsum Hijau - Bubur sumsum meski terbilang sudah sangat jadul, namun sampai saat ini bubur ini masih saja mampu bertahan dan malahan banyak yang suka. Dengan rasanya yang enak serta sangat lembut di mulut memang memang bubur satu ini sering kali di cari untuk sekedar mengisi perut.

Bubur sumsum sendiri ada beberapa varian diantaranya adalah bubur sumsum hijau. Meski tak seperti bubur sumsum candil yang terbilang lebih istimewa dan spesial, namun dari segi rasa bubur satu ini tetap masuk dalam kategori enak nan lezat. Yang suka pun bukan cuma anak kecil saja, namun juga orang dewasa.

Resep Bubur Sumsum Hijau
Ilustrasi Bubur Sumsum Hijau
Bubur sumsum hijau ini aslinya tak jauh beda dengan bubur sumsum biasa. Hanya saja untuk yang kali ini memiliki tampilan yang lebih menarik yakni hijau. Warna hijau sendiri didapatkan dari penggunakan pasta pandan serta daun pandan. Atau bisa juga menggunakan pewarna makanan warna hijau. Kalau dirasakan bubur satu ini terbilang lebih sedap dan juga harum.

Selain daripada itu, bubur sumsum hijau tak beda sama bubur sumsum biasa. Yakni masih menggunakan saus yang terbuat dari gula merah supaya rasanya makin legit dan manis. Baiklah jika diantara para bunda ada yang ingin membuat bubur sumsum satu ini silahkan lihat saja resepnya di bawah ini.

Resep Bubur Sumsum Hijau

Bahan Bubur Sumsum Hijau:
  • 100 gram tepung beras
  • 600 ml santan kelapa kental
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • 2 lembar daun pandan, cuci dan ikat simpul
  • Pasta pandan secukupnya
 Bahan Saus Gula :
  • 250 gram gula merah
  • 250 ml air bersih
  • 1 lembar daun pandan
Cara membuat bubur sumsum hijau pandan enak, manis dan sederhana:
  1. Pertama-tama, masukkan tepung beras dalam satu buah wadah. Kemudian tuangkan santan kelapa sekitar 100 ml dan juga pasta pandan secukupnya. Tambahkan garam dapur lalu aduk-aduk sampai merata. Sisihkan dahulu.
  2. Masukkan sisa santan kelapa yakni 500 ml ke dalam panci. Lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih. Tuangkan larutan tepung beras kedalamnya, lalu masak dan aduk terus dengan menggunakan api kecil sampai meletup-letup. Angkat.
  3. Bubur sumsum hijaunya sudah jadi, maka selanjutnya adalah membuat saus gulanya. Caranya mudah yakni tinggal masukkan bahan saus gula ke dalam panci. Lalu rebus sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan saring airnya.
  4. Bubur sumsum hijau pun siap dinikmati bersama dengan saus gula merahnya.
Itulah tadi resep bagaimana cara membuat bubur sumsum hijau pandan enak dan pastinya lembut dengan cara yang sederhana tentunya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk baca resep masakan enak lainnya seperti resep bubur sumsum enak dan resep bubur ayam cina hanya di blog buletinresep ini saja ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Bubur Sumsum Hijau Pandan Enak