Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Saturday, October 15, 2016

Resep Kue Semprong Renyah dan Manis

Resep Kue Semprong - Banyak sekali aneka kue yang tersebar di seluruh indonesia. Salah satunya adalah kue semprong. Kue yang masuk kue tradisional alias sudah ada sejk nenek moyang kita dulu ini sudah begitu dikenal di masyarakat. Dan menariknya meski masuk kue tradisional, kue yang disebut juga egg roll ini masih banyak diminati sampai sekarang tak kalah dengan kue modern yang ada saat ini.

Baca Juga : Resep Kue Kastengel Sederhana Empuk dan Renyah

Di namakan semprong tak lepas dari bentuknya yang memang mirip dengan "semprong" yaitu alias alat peniup api untuk tungku zaman dahulu. Orang indonesia zaman dahulu, supaya apin tungku menyala lagi ketika memakai semprong ini untuk meniup api biar menyala kembali. Biasanya terbuat dari bambu dan punya lubang ditengahnya. Ya setidaknya agak mirip dengan bentuk dari kue kering ini.

Resep Kue Semprong
Ilustrasi Kue Semprong
Kue semprong memiliki rasa yang manis dan juga renyah saat dimakan. Hal ini karena memang kue ini menggunakan gula manis dalam bahan pembuatannya. Kalau untuk renyahnya mungkin karena bentuk kue ini yang tipis dan garing. Di acara besar macam lebaran, kue ini biasanya tampil sebagai satu dari beberapa kue yang disajikan di meja tamu.

Banyaknya peminat kue kering ini, membuatnya menjadi salah satu kue yang dijadikan sebagai ladang bisnis bagi para pengusaha. Banyak toko kue yang menjual kue semprong ini dengan harga yang relatif terjangkau. Tapi meski ada yang jual kadang-kadang para ibu lebih memilih membuatnya sendiri.

Baca Juga : Resep Kue Semprit Mawar Renyah dan Enak

Alasannya ya supaya hasilnya utamanya rasanya bisa sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Nah jika kalian termasuk mereka dan mencari resep dan cara membuat kue semprong ini. Berikut informasinya bagi anda.

Resep Kue Semprong

Bahan-bahan:
  • 1/2 kg tepung beras
  • 250 gram gula pasir
  • 800 ml santan kelapa kental
  • 6 butir telur ayam
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • Minyak goreng secukupnya
Alat yang dibutuhkan :
  • Satu buah wadah
  • Cetakan kue semprong tradisional atau yang pakai listrik
  • Tongkat kayu untuk menggulung
Cara membuat kue semprong enak dan renyah :
  1. Langkah pertama, kocok telur ayam dalam sebuah wadah sampai mengembang.
  2. Setelah itu tambahkan gula pasir, tepung beras dan bubuk kayu manis. Tuangkan santan kelapa kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk supaya merata.
  3. Berikutnya, panaskan cetakan kue semprong. Jangan lupa olesi permukaannya dengan minyak goreng.
  4. Jika sudah, tuangkan adonan kue semprong sebanyak 2 sendok makan ke cetakan, lalu ratakan.
  5. Setelah agak garing, gulung kue semprong dengan bantuan tongkat. Gulung dengan rapi. 
  6. Panggang kue semprong sampai matang. 
  7. Kue semprong yang renyah pun siap untuk dinikmati.
Demikian resep dan cara membuat kue semprong yang manis dan juga renyah sekali. Jangan lupa untuk baca resep masakan enak lainnya di buletinresep ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Semprong Renyah dan Manis