Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Sunday, October 16, 2016

Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia

Resep Es Air Mata Kucing - Di indonesia ternyata minuman-minuman segar yang ada itu tak hanya berasal dari dalam negeri saja ( tradisional ) melainkan ada juga yang berasal dari luar negeri. Salah satu contoh minuman asal luar negeri yang ada di tanah air adalah es air mata kucing yang aslinya berasal dari negeri jiran malaysia.

Baca Juga : Resep Es Shanghai Enak dan Segar

Dengan jarak yang sangat dekat dengan indonesia, berbagai hal yang berhubungan malaysia memang kerap masuk juga ke indonesia, salah satunya adalah kuliner. Es air mata kucing memiliki rasa yang segar dan juga enak. Cocok di minum saat siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya. Saking segarnya, minuman ini sendiri pernah masuk kedalam daftar minuman terenak dunia lho, hebat juga kan?.

Resep Es Air Mata Kucing
Es Air Mata Kucing
Meski namanya itu air mata kucing, bukan berarti minuman ini menggunakan air mata kucing sungguhan. Kalau benar tentunya untuk membuatnya butuh waktu yang lama karena harus mengumpulin air matanya kucing dulu. Dan untuk rasanya juga pastinya tak enak sekali saat di minum.

Air mata kucing sendiri, sebenarnya merujuk pada bahan utama dari minuman segar ini yakni kelengkeng. Kelengkeng kalau orang malaysia menyebutnya itu dengan nama " mata kucing ", nah karena dicampur air makanya jadi air mata kucing. Kurang lebihnya demikian. Cukup menarik sekali kan?.

Baca Juga : Resep Es Jagung Hawai Manis dan Segar 

Selain segar, minuman es air mata kucing juga kaya manfaat. Diantaranya adalah bisa mengeluarkan dahak, menjaga kesehatan tubuh, meredakan panas dalam dan lain-lain. Untuk membuat minuman ini cukup mudah, bagi para bunda yag tertarik ingin membuatnya berikut resep dan cara membuatnya khusus buat kalian.

Resep Es Air Mata Kucing

Bahan-bahan:
  • 150 gram buah kelengkeng kering
  • 100 gram nata decoco
  • 1/2 liter air bersih
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram gula merah ( aren )
  • 1 sendok makan biji selasih
  • Es batu secukupnya
Cara membuat es air mata kucing khas malaysia:
  1. Pertama, siapkan 1 buah panci. Masukkan air bersih dan kelengkeng kering. Rebus dengan api kecil sampai kelengkengnya terlihat merekah. Setelah itu masukkan gula pasir dan gula merah / aren. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih & gula larut. Matikan api lalu biarkan hingga dingin.
  2.  Setelah dingin, siapkan 1 buah gelas. Masukkan es batu secukpnya. Lalu masukkan nata de coco dan biji selasih. Tuangkan air rebusan kelengkeng plus kelengkengnya tentunya. Dan jadi deh es air mata kucing segar khas malaysia dan siap untuk diminum.
Demikian informasi mengenai resep dan cara membuat es air mata kucing yang segar sekali khas dari negeri malaysia. Terima kasih dan jangan lupa untuk membaca artikel resep lainnya hanya di buletinresep.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Es Air Mata Kucing Segar Khas Malaysia