Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Sunday, October 2, 2016

Resep Combro Renyah, Empuk dan Enak

Resep Combro - kota bandung ternyata memang patut dicap sebagai kota yang kaya akan kuliner lezat. Tak hanya batagor, cilor dan cilok saja makanan yang tersedia di kota kembang tersebut. Masih ada yang lainnya lho bunda, salah satunya adalah combro. Combro adalah sejenis gorengan dengan isian didalamnya dengan rasa yang gurih dan enak.

Baca Juga : Resep Cilor Goreng Enak Khas Bandung

Bicara mengenai nama makanan yang enak ini yaitu "combro" memang terdengar cukup unik dan aneh. Tapi mungkin bagi para anak muda yang gaul, namanya bisa dikatakan cukup keren kali. Soalnya kan biasanya anak muda suka nya bilang bro, bro gitu . Nah ini ada combro. Ada "bro" nya juga akan?.

Resep Combro
Combro


Balik ke namanya bunda, menurut sebuah sumber kata "combro" aslinya merupakan bahasa sunda. Yang diambil dari singkatan "oncom di jero " atau jika diubah menjadi bahasa indonesia menjadi "combro di dalam". Nah karena makanan ini ada oncomnya di dalam makanya kemudian masyarakat menyebutnya sebagai combro.

Asal makanan combro, memang dari jawa barat. Tapi seperti tak tahu saja seperti apa indonesia kita ini, Makanan yang lezat tentu saja dengan cepatnya tersebar ke berbagai daerah yang ada di tanah air. Makanan ini biasanya di jual di warung makan bersama dengan gorengan lainnya seperti bakwan, tempe mendoan, pisang goreng dan lain-lain.

Baca Juga : Resep Bakwan Jagung Yang Enak dan Renyah

Selain enak, gorengan ini juga kaya akan karbohidrat yang didapatkan dari singkong, serta kandungan gizi lain seperti protein dan juga dan juga beberapa vitamin. Untuk membuat combro ini cukup mudah saja yang penting tersedia bahannya dan juga resepnya. Untuk resepnya tak usah khawatir mau cari kemana sudah disiapkan oleh buletinresep untuk para bunda semuanya.

Resep Combro

Bahan utama combro:
  • 1 kg singkong
  • 100 gram kelapa tua
  • 2 sendok makan tepung tapioka/kanji
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan untuk isian combro :
  • 250 gram oncom, haluskan
  • 4 buah cabai merah
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
Cara membuat combro khas kota bandung yang enak banget:
  1. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengupas ketela pohon atau singkong terlebih dahulu. Jika sudah, cuci bersih dengan air lalu kemudian parut hingga halus dalam satu buah wadah. Selanjutnya, peras air dari parutan singkong tadi. Yang digunakan adalah parutan singkong ya , sedangkan air perasannya dibuang saja.
  2. Parut kelapa tua yang sudah disiapkan. Jika sudah selesai campurkan parutan kelapa ke parutan singkong. Campurkan dan uleni saja.
  3. Tambahkan tepung kanji ke adonan singkong. Masukkan pula garam dapur secukupnya serta irisan daun bawang. Aduk-aduk sampai adonan tercampur merata. Jika masih ada airnya tiriskan saja. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Langkah berikutnya, haluskan cabai, bawang merah serta bawang putih. Panaskan sedikit minyak goreng, setelah panas, masukkan bumbu tadi dan tumis sampai harum. Lalu tambahkan oncom, garam dapur, gula pasir, merica bubuk serta daun bawang. Aduk-aduk dan tumis sampai layu. Angkat dan sisihkan.
  5. Kalau sudah kaya begini, kita tinggal buat combronya saja, caranya ambil sedikit adonan singkong + kelapa diawal-awal tadi. Kemudian pipihkan dengan tangan dan taruh isian combro tadi. Gulung-gulung sampai tertutup rapat dan bentuknya lonjong. Lakukan berulang sampai selesai.
  6. Panaskan minyak goreng cukup banyak. Kalau sudah panas, tinggal goreng combro. Goreng combro dengan sesekali di balik supaya tidak gosong. Goreng sampai matang dengan warnanya berubah kuning kecoklatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Combro Renyah, Empuk dan Enak