Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Monday, October 17, 2016

Resep Ayam Hainan Asli Enak dan Lezat

Resep Ayam Hainan - Olahan nikmat yang terbuat dari daging ayam itu banyak sekali jenisnya. Salah satu diantara adalah ayam hainan. Masakan oriental yang aslinya dari cina ini termasuk olahan ayam yag sangat populer. Bahkan tak hanya di daerah asalnya saja, di negara lain seperti singapura, dan termasuk juga indonesia masakan ini juga sangat digemari.

Ayam hainan sendiri merupakan masakan khas yang berasal dari salah satu daerah di cina yakni Hainan. Nah karena asalnya dari sana, maka dimanapun berada sebutan untuk kuliner ini ya ayam hainan. Masakan ini rasanya enak dan juga lezat. Proses pembuatannya sendiri melalui dua tahapan yakni direbus sama digoreng.

Baca Juga : Resep Ayam Bakar Lumajang Enak dan Lezat

Selain enak, ayam hainan juga terbilang cukup baik juga untuk kesehatan. Dalam proses memasaknya memang menggunakan minyak goreng, namun dalam kadar yang tidak terlalu banyak. Selain itu kalau melihat bumbunya sih mungkin terlihat sederhana namun memiliki kandungan gizi yang baik. Contohnya saja ada jahe, timun dan juga ada daun peterseli yang kerap dijadikan minuman untuk diet.

Resep Ayam Hainan
Ayam Hainan
Menggunakan daging ayam sebagai bahan utama, tentu membuat masakan ini mudah kita buat. Jika diatanya ayam apa yang baik untuk membuat masakan ini? ayam yang digunakan sendiri bisa apa saja alias disesuaikan sendiri, Mau ayam kampung maupun ayam pedaging boleh-boleh saja.

Namun yang perlu diingat untuk ayam kampung perlu sedikit kesabaran mengingat dagingnya lebih keras dari ayam pedaging. Namun bisa disiasati kok yakni ditusuk saat merebus supaya cepat empuk. Kalau yang ayam pedaging tak usah karena memang sudah empuk dagingnya.

Baca Juga : Resep Ayam Pop Asli Padang Enak dan Sederhana

Masakan oriental Ayam hainan yang bisa akrab dengan lidah banyak orang di berbagai negara memang pantas untuk dicicipi akan kelezatanya. Kalau para bunda tertarik untuk membuat masakan oriental ini silahkan simak resep dan cara membuatnya berikut ini.

Resep Ayam Hainan

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam kampung yang sudah dibersihkan
  • 3 batang daun bawang, iris-iris
  • 5 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 ruas jari jahe ( 5 cm ), memarkan dengan cara digeprek
  • 1 liter air bersih
  • 1 sendok teh penyedap rasa ( kalau bisa yang rasa ayam )
  • 1 sendok makan garam dapur
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • 5 sendok makan minyak wijen
Pelengkap :
  • 1 buah mentimun segar, iris-iris saja
  • 3 batang daun peterseli ( parsley )
Cara membuat ayam hainan asli enak :
  1. Pertama-tama, potong-potong ayam kampung yang sudah disiapkan menjadi 4 bagian. Lalu tusuk-tusuk pakai garpu biar cepat empuk. Selanjutnya masukkan potongan ayam ke panci yang sudah diberi air. Masak dan rebus daging ayam sampai empuk kurang lebihnya setengah jam. Jika sudah angkat potongan ayam dan sisihkan saja kaldunya karena nanti masih digunakan.
  2. Masukkan sedikit minyak goreng ke penggorengan dan panaskan. Setelah panas, masukkan bawang putih cincang dan juga jahe. Tumis sebentar sampai harum. Masukkan potongan ayam kedalam tumisan. Tuangkan juga kaldu ayam kedalamnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Masak terus sampai ayamnya matang dan lunak.
  3. Matikan api, lalu angkat ayam dan lumuri dengan ayam wijen. potong-potong sesuai selera selagi masih hangat. 
  4. Dan ayam hainan pun siap disajikan bersama dengan irisan mentimun dan juga daun perteseli.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Hainan Asli Enak dan Lezat