Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Saturday, June 11, 2016

Resep Sosis Gulung Mie Enak Lezat dan Sederhana

Resep Sosis Gulung Mie - Sosis aslinya memang bukan berasal dari indonesia, namun dengan berjalannya waktu makanan ini sekarang sudah sangat membumi di negeri kita. Bahkan sekarang banyak sajian sosis yang banyak disukai oleh masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Contoh nya ini sosis gulung mie.

Nama sosis gulung mie memang terdengar biasa saja. Ya makanan berbahan sosis yang satu ini memang bisa dikatakan sebagai salah satu masakan sosis yang begitu sederhana. Baik itu dari bahan-bahan hingga cara pembuatannya. Tapi yang namanya makanan tentu dibuat dengan rasa yang seenak-enaknya termasuk juga masakan ini.

Resep Sosis Gulung Mie
Ilustrasi Sosis Gulung Mie
Sosis gulung mie ini terkadang di anggap cocok untuk anak dan sering dijadikan sebagai lauk bekal untuk anak saat sekolah karena memang praktis dan rasanya pun juga enak. Tak hanya itu, masakan ini juga cocok juga sepertinya dijadikan sebagai sebagai cemilan tambahan di bulan ramadhan seperti sekarang ini.

Sosis gulung mie ini semakin enak rasanya jika dimakan bersama saus sambal ataupun saus tomat. Tapi ya semua tergantung selera saja. Baiklah langsung saja, berikut resep sosis gulung mie enak lezat beserta cara pembuatannya yang mudah untuk di pahami!.


Bahan-bahan:
  • 3 buah sosis ( rasa ayam atau sapi boleh, sesuai selera saja), lalu potong biasa menjadi 3 bagian. Per bagian sosis kerat dengan pisau (potong tapi tak sampai putus).
  • 1 buah mie yang tanpa bumbu, misalkan mie burung dara atau jenis mie lain juga boleh. Mie instan pun juga boleh saja, tapi nanti bumbunya tak perlu digunakan alias mienya saja yang di pakai.
  • 1 butir telur ayam, pecahkan dan kocok lepas
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air untuk merebus secukupnya
Bumbu-bumbu halus:
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
Bahan pelengkap:
  • Saus tomat, saus sambal jika suka
Cara membuat sosis gulung mie enak lezat yakni:
  1. Langkah pertama taruh mie dalam panci, kasih air lalu rebus sampai mendidih dan mie nya lunak. Angkat dan tiriskan. Usahakan mienya jangan terlalu matang supaya hasilnya nanti punya tekstur yang bagus.
  2. Tuang mie kedalam wadah, lalu campurkan dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Aduk sampai rata.
  3. Ambil sosis lalu gulung dengan menggunakan mie. lakukan sampai semua bagian sosis tergulung dengan mie.
  4. Jika sudah celupkan sosis gulung mie ke dalam kocokan telur.
  5. Panaskan minyak goreng cukup banyak lalu goreng sosis yang telah digulung mie sampai matang dan warnanya berubah.
  6. Angkat dan tiriskan lalu sosis gulung mie siap untuk dinikmati bersama dengan saus tomat atau saus sambal jika suka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sosis Gulung Mie Enak Lezat dan Sederhana