Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Saturday, June 25, 2016

Resep Puding Jagung Manis Santan Enak dan Lembut

Resep Puding Jagung - Sebagai bahan pangan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, jagung ternyata tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk jagung utuh ( rebus / bakar ) maupun dijadikan sebagai sayuran. Jagung ternyata bisa juga diolah menjadi makanan yang lebih berkelas yakni dibuat sebagai puding.

Selama ini tentu puding sering dikira hanya terbuat dari bahan seperti susu, coklat dan buah-buahan saja. Tapi ternyata bisa juga dibuat dari bahan jagung. Jagung dipakai dalam pembuatan puding sendiri bukanlah semua jenis jagung, namun yang dipakai itu cuma jenis jagung manis. Yang mana punya rasa yang manis ketimbang jenis jagung lainnya.

Resep puding jagung sebenarnya sudah lama ada dan telah dikenal oleh banyak orang. Bahkan sampai sekarang puding jagung sudah punya banyak variannya. Diantaranya ada puding jagung custard, ncc, lapis coklat, kukus dan yang paling modern adalah puding jagung kaleng. Tapi selain semua itu ada juga varian lainnya yang juga enak yakni puding jagung santan.

Resep Puding Jagung
Ilustrasi Puding Jagung Manis Santan
Sesuai namanya, puding jagung satu ini dimasak tidak memakai air tapi telah digantikan dengan santan kelapa. Penggunaan santan kelapa membuat rasa puding satu ini menjadi beda dari yang lainnya yakni lebih enak dan gurih. Santan yang dipakai bisa memakai santan instan atau jika mau ialah memerasnya sendiri.

Dan yang namanya puding tentu tak lepas dari peran agar-agar sebagai bahan utamanya, begitu juga puding jagung santan ini yang mana terbuat dari agar-agar instan yang bisa kita beli dengan mudah di toko, pasar maupun supermarket terdekat. Proses pembuatan puding satu ini cukup mudah dan sederhana. Dan jika kalian tertarik untuk membuatnya, berikut resep dan cara membuatnya!.

Resep Puding Jagung

Bahan-bahan:
  • 1 bungkus agar-agar bubuk ( merk apa saja)
  • 800 ml santan kelapa
  • 2 buah jagung manis yang masih segar, sisir dengan pisau
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Larutan maizena ( 3 sendok tepung maizena + air )
Alat yang diperlukan:
  • Panci
  • Kompor
  • Cetakan puding
  • Blender
 Cara membuat puding jagung manis santan yaitu:
  1. Langkah pertama, masukkan santan kelapa beserta jagung manis kedalam blender. Kemudian blender sampai halus.
  2. Ambil panci, lalu masukkan agar-agar bubuk, gula pasir, garam dapur serta jagung manis yang sudah kita blender tadi. Aduk-aduk sampai rata.
  3. Taruh panci diatas kompor & masak dengan menggunakan api sedang hingga mendidih dan matang.
  4. Sebelum diangkat, tambahkan larutan maizena lalu masak sebentar sekitar 3 menitan.
  5. Angkat lalu tuangkan puding kedalam cetakan yang telah disiapkan.
  6. Setelah itu tunggu saja, puding hingga dingin dan mengeras. Atau jika dirasa kelamaan, kalian bisa memasukkanya puding ini kedalam kulkas / frezzer biar lebih mengerasnya.
  7. Dan puding jagung pun siap untuk dinikmati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Puding Jagung Manis Santan Enak dan Lembut