Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Monday, February 15, 2016

Resep Keripik Singkong Renyah dan Gurih

Resep Keripik Singkong - Sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika ketela pohon atau singkong memang telah menjadi salah satu bahan pangan yang melekat sekali di kehidupan manusia, khususnya buat masyarakat indonesia. Bahan pangan yang termasuk umbi-umbi an ini memang sudah sangat sering dikonsumsi dan bisa dibilang hampir setara sama nasi yang notabennya adalah bahan pokok yang kita makan setiap hari.

Singkong ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi lho teman. Dan bisa diolah menjadi bermacam-macam cemilan enak. Salah satunya adalah di bikin keripik. Keripik singkong sudah menjadi olahan singkong yang sudah sangat terkenal dan populer di indonesia. Rasanya yang enak, empuk, renyah serta gurih membuat makanan ini mudah diterima, khususnya buat masyarakat indonesia.

Resep Keripik Singkong
Ilustrasi Keripik Singkong
Keripik ini sendiri terbuat dari singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih lalu diiris tipis, diberi bumbu-bumbu kemudian digoreng. Cemilan ini enak sekali dikonsumsi apalagi dikala musim hujan. Sambil ditemani dengan minuman hangat serta tayangan tv favorit. Untuk mendapatkan cemilan ini sangat mudah teman, soalnya banyak sekali yang jual bahkan diwarung-warung kecil pun kerap tersedia cemilan ini.

Namun jika bosan dengan keripik singkong yang biasanya dijual. Tak ada salahnya jika kalian coba bikin sendiri. Caranya mudah kok dan simple saja. Tertarik? kalau begitu silahkan ikuti resep dan cara membuat cemilan renyah ini yang sudah tersedia di bawah ini.




Bahan-bahan utama:
  • 1 kg ketela pohon atau singkong
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya 
Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok makan garam dapur
  • 1 sendok makan gula pasir
Cara membuat keripik singkong renyah yaitu:
  1. Pertama-tama, kupas semua ketela pohon atau singkong yang sudah disiapkan. Jika sudah cuci dengan menggunakan air bersih.
  2. Lalu potong singkong tipis-tipis. Agar lebih mudah & cepat serta hasilnya bisa bagus, gunakan alat khusus pemotong keripik.
  3. Masukkan ke dalam wadah yang sudah diberi air secukupnya. Kemudian tambahkan kapur sirih serta bumbu halus kedalam wadah / baskom. Rendam singkong selama kurang lebih 1 jam-an supaya bumbunya meresap. Angkat dan tiriskan singkong.
  4. Panaskan minyak goreng cukup banyak. Jika sudah benar-benar panas masukkan singkong dan goreng sampai kering, berwarna agak kecoklatan dan matang.
  5. Keripik singkong enak dan renyah pun siap untuk dihidangkan.
Baca juga resep enak lainnya seperti resep kerupuk ikan tenggiri.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Resep Keripik Singkong Renyah dan Gurih