Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Sunday, November 15, 2015

Resep Wedang Uwuh Enak Khas Yogyakarta

Resep Wedang Uwuh - selain memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan mengagumkan, kota yogyakarta juga memiliki banyak kuliner yang enak. Salah satunya adalah minuman hangat tradisional yang bernama wedang uwuh. Namanya memang terkesan cukup unik teman, namun memang itulah namanya.

Kata 'Uwuh" sendiri kalau ditelisik itu berasal dari bahasa jawa. Dan jika diartikan kedalam bahasa indonesia artinya adalah sampah dedaunan.Ya, arti kata "Uwuh " tersebut sedikit banyak sudah menggambarkan bagaimana wujud si minuman hangat ini. Namun perlu di ingat teman-teman, daun yang digunakan bukan daun sembarangan melainkan daun tertentu. Seperti daun pala, daun cengkeh dan lain-lain.

Resep Wedang Uwuh
Wedang Uwuh
Perlu teman-teman ketahui, minuman wedang uwuh ini mungkin terkesan sederhana. Namun ternyata didalamnya terdapat banyak khasiat dan manfaat. Misalkan saja, minuman ini bisa menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin seperti saat malam hari atau bahkan saat musim penghujan. Dipercaya bisa melancarkan aliran darah serta bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Gimana hebat jugakan minuman yang katanya sampah ini?. Jika anda tertarik mencoba wedang jahe silahkan kunjungi warung ataupun gerai yang menjual minuman ini dikota anda. Dan jika tak ingin terlalu repot, kalian bisa juga membuatnya sendiri di rumah. Untuk resep dan cara pembuatannya bisa kalian simak berikut ini.


Bahan - Bahan:
  • 70 ml air bersih
  • 40 gram serutan kayu secang kering (bisa dibeli di pasar atau supermarket, biasanya dalam bentuk kemasan)
  • 50 gram gula batu atau bisa juga diganti dengan gula pasir
  • 10 butir cengkeh (bisa juga diganti dengan batang cengkeh bila tak ada)
  • 3 lembar daun pala yang sudah kering
  • 3 lembar daun cengkeh kering
  • 2 lembar daun kayu manis yang sudah kering
  • 6 cm jahe, bakar kemudian memarkan dengan cara digeprek
Cara membuat wedang uwuh yakni:
  1. Siapkan satu buah panci. Masukkan semua bahan meliputi air, jahe bakar, cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang dan gula batu / gula pasir.
  2. Rebus dengan menggunakan api sedang sampai mendidih. Ya kira-kira 15 menitan. Angkat
  3. Tuangkan air wedang uwuh kedalam gelas (boleh langsung dituangkan yakni masih ada sisa bahannya atau bisa juga disaring)
  4. Sajikan dan nikmati selagi masih hangat.
Baca juga yuk :  resep wedang ronde dan juga resep wedang jahe.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Resep Wedang Uwuh Enak Khas Yogyakarta