Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Sunday, November 15, 2015

Resep Wedang Bajigur Hangat dan Nikmat

Resep Wedang Bajigur -  Satu lagi minuman tradisional tidak kalah enaknya yang dimiliki oleh negara kita indonesia ialah Bajigur. Minuman khas ini berasal dari daerah jawa barat, tepatnya dibuat dan menjadi favoritnya masyarakat sunda. Biasanya, minuman ini dikonsumsi dikala cuaca dingin alias saat musim penghujan. Hangatnya minuman ini bisa membuat tubuh ikut hangat dan juga kembali segar.

Wedang bajigur semakin nikmat jika disantap saat sedang bercengkrama bersama dengan keluarga tercinta. Misalkan saja saat ngobrol atau bahkan mungkin saat menonton acara tv yang seru contohnya nonton bola. Jika kalian suka pergi jalan-jalan di malam hari, kalian tentu akan menjumpai minuman hangat ini dijajakan di pinggir jalan. Dengan banderol harga yang relatif murah tentunya.

Resep Wedang Bajigur
Wedang Bajigur
Menikmati wedang bajigur ini biasanya didampingi dengan panganan lain seperti misalkan kacang rebus, ketela atau ubi rebus dan klepon dan makanan-makanan yang lain-lain. Namun tahukah kalian, jika ternyata, minuman ini tak hanya bisa kita beli melainkan bisa kita buat sendiri dirumah. Tak percaya? kalau begitu buktikan saja. Untuk resep dan cara membuatnya sudah ada di bawah ini.



Bahan-bahan:
  • 1 liter santan kelapa
  • 100 gram gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan, cuci bersih kemudian ikat simpul
  • 2 sendok makan kopi hitam
  • 2 sendok makan gula pasir halus
  • 1/2 sendok teh garam dapur
Cara membuat wedang bajigur: 
  1. Persiapkan 1 buah panci. Masukkan santan kelapa kedalamnya. Masukkan juga kopi hitam, gula merah sisir serta gula pasir. Rebus dengan menggunakan api kecil hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  2. Masukkan garam dapur dan daun pandan. Aduk-aduk dan masak hingga tercium aroma harum dan matang.
  3. Angkat lalu saring air rebusannya. Tuangkan kedalam gelas, lalu siap untuk dinikmati selagi masih hangat.
Baca juga yuk kawan semua : resep wedang jahe, resep wedang bandrek, resep wedang uwuh, resep wedang ronde dan resep wedang sekoteng.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Resep Wedang Bajigur Hangat dan Nikmat