Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Wednesday, August 12, 2015

Resep Kue Cubit Yang Enak dan Sederhana

Resep Kue Cubit -  merupakan salah satu jajanan tradisional khas nusantara yang punya cita rasa yang enak dan juga nikmat. Jajanan yang termasuk kue basah ini, terbilang begitu populer di tanah air. Sebagai buktinya, bisa dilihat dari banyaknya penjual yang menjajakan kue ini dari mulai daerah pedesaan hingga perkotaan seperti bandung bahkan ibu kota negara kita yaitu jakarta.

Biasanya, kue ini banyak dijual oleh abang-abang pedagang kaki lima yang berada dipinggir jalan. Terkadang pula dijajakan di sekolah-sekolah mengingat kue cubit ini termasuk jajanan yang sangat digemari oleh anak-anak.

Nama "cubit" sendiri sebenarnya berasal dari salah satu proses pembuatan kue basah ini yakni pada waktu mengangkat kue ini dari cetakannya saat matang. Saat matang kue ini diambil dari cetakannya dengan cara dijepit dengan alat penjepit layaknya dicubit. Nah, dari hal ini lah maka lahir nama kue cubit ini.

Resep Kue Cubit
Kue Cubit
Meskipun nama nya mungkin agak aneh dan terkesan lucu, namun seperti yang telah dikatakan diawal bahwa kue ini punya cita rasa yang enak dan lembut saat di mulut. Dan menariknya lagi, ternyata kue ini cukup mudah pembuatannya. Kalau tidak percaya, bagaimana kalau temen-temen pada coba membuatnya. Untuk urusan resep dan cara membuatnya sudah disediakan di bawah ini.



Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir bubuk
  • 100 gram mentega, dilelehkan atau dicairkan
  • 3 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh soda kue
Bahan untuk toping :
  • meises secukupnya (boleh diganti atau ditambah dengan bahan yang lainnya misalnya keju, kismis sesuai selera anda saja)
Cara membuat kue cubit yakni:
  1. Langkah pertama, ambil wadah lalu masukkan telur dan juga gula pasir. Campur dan aduk-aduk hingga mengembang. Boleh memakai mixer agar lebih gampang.
  2. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit keadonan sambil di aduk-aduk. Masukkan juga margarin cair dan aduk kembali biar rata.
  3. Tambahkan baking powder, vanilli bubuk serta soda kue. Aduk-aduk hingga semua tercampur merata. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  4. Berikutnya panaskan cetakan kue cubit. Gunakan api yang kecil saja.
  5. Oh ya, jangan lupa olesi lubang cetakan dengan margarin supaya kue nya nanti tidak lengket di cetakan.
  6. Setelah dirasa sudah panas, tuangkan adonan kue cubit ke masing-masing lubang dalam cetakan. Menuang nya cukup setengah cetakan saja, soalnya nanti akan mengembang. 
  7. Setelah setengah matang, taburi bagian atasnya dengan meises / toping  lainnya sesuai dengan selera anda.
  8. Setelah itu panggang hingga matang. Matang tidaknya bisa dilihat pada bagian bawah kue yang warnanya berubah kecoklatan.
  9. Kalau sudah benar-benar matang, angkat dan siap untuk dinikmati.
Demikian ulasan mengenai resep kue cubit yang enak dan sederhana. Jangan lupa yuk baca juga resep masakan lainnya seperti resep kue lapis surabaya serta resep kue pancong bandung yang empuk. Terima kasih banyak dan selamat untuk mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Cubit Yang Enak dan Sederhana