Blog Aneka Resep Masakan Indonesia enak, sederhana dan lezat dari berbagai daerah dan dunia yang dibahas secara detail sehingga membuat memasak lebih mudah dan praktis

Tuesday, September 1, 2015

Resep Tape Ketan Putih Enak dan Manis

Resep Tape Ketan Putih - Termasuk salah satu jajanan tradisional khas yang ada di indonesia. Jajanan ini biasanya mudah sekali ditemukan utamanya dipasar-pasar tradisional. Memiliki rasa yang enak dan manis membuat tape ketan putih ini banyak yang menyukainya. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Tape ketan putih ini kerap terlihat dan digunakan dalam acara-acara tertentu. Seperti acara arisan ibu-ibu, hajatan dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang juga, jajanan dengan cita rasa manis dan menyegarkan ini juga hadir dalam hari-hari spesial seperti hari lebaran. Biasanya sih yang buat tape ketan ini adalah para nenek-nenek, ya buat anak dan juga cucu tercintanya.

Resep Tape Ketan Putih
Tape Ketan Putih
Rasa manis yang ada pada tape ketan putih ini berasal dari proses fermentasi yang terjadi pada ketan setelah dicampur dengan ragi dan telah di diamkan selama 2-3 hari. Untuk tahu lebih lanjut, bagaimana kalau kita coba buat saja tape ketan putih nya ini sendiri? untuk resepnya bisa dilihat dibawah ini.


Bahan-bahan:
  • 1 kg beras ketan warna putih
  • 2 butir ragi, dihaluskan
  • Gula pasir secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi / tusuki gigi secukupnya
Cara membuat tape ketan putih yaitu:
  1. Pertama-tama, cuci beras ketan hingga benar-benar bersih (3 x pencucian atau lebih). Setidaknya sampai air cucian yang digunakan tidak lagi keruh alias sudah bening).
  2. Kemudian kukus beras ketan tadi.sampai matang. Lalu angkat dan taruh dalam nampan berbahan plastik.
  3. Taburi ketan yang sudah matang dengan ragi yang sudah dihaluskan serta gula pasir hingga rata.
  4. Selanjutnya ambil sedikit ketan tadi lalu bungkus dengan daun pisang dan semat dengan menggunakan lidi / tusuk gigi. Lakukan berulang sama seperti itu hingga selesai.
  5. Kemudian taruh dan tata ketan yang sudah di bungkus tadi dalam wadah. Tutup wadah tadi hingga benar-benar rapat. Lalu diamkan setidaknya selama 2 hari untuk proses fermentasi.
  6. Kalau sudah tercium aroma wangi khas tape ketan. Keluarkan tape ketan dari wadah dan siap untuk dinikmati.
Terima kasih telah membaca artikel mengenai resep tape ketan putih ini dan selamat untuk mencoba ^-^.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Tape Ketan Putih Enak dan Manis